Yunani Tawarkan Liburan Gratis di Rhodes untuk Wisatawan yang Kena Dampak Kebakaran

TEMPO.CO, Jakarta – Yunani menawarkan masa tinggal gratis selama seminggu di Rhodes pada 2024 untuk wisatawan yang liburannya dipersingkat karena kebakaran hutan Juli lalu. Pulau terbesar kesembilan di Mediterani itu adalah tempat liburan populer di Eropa, yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Yunani karena pariwisatanya. 

Kebakaran terjadi pada 18 Juli di Rhodes tengah dan dipercepat oleh angin kencang. Api menyebar ke pantai timur dan selatan, area dengan banyak resor pantai. Kebakaran ini menyebabkan banyak rumah dan hotel atau resor mengalami kerusakan.

Yunani melakukan evakuasi terbesar yang pernah dilakukan di negara itu. Lebih dari 20 ribu turis dan penduduk setempat terpaksa mengungsi dari rumah dan hotel tepi pantai.

Sebuah pesawat pemadam kebakaran membuat tetesan air saat api membakar di desa Gennadi, di pulau Rhodes, Yunani, 25 Juli 2023. REUTERS/Nicolas Economou

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengatakan kepada ITV Inggris pada hari Rabu bahwa kebakaran hutan mempengaruhi 15 persen dari Rhodes. Sekarang situasinya kembali normal tetapi mereka menyadari bahwa itu menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengunjung.

“Untuk semua orang yang liburannya dipersingkat akibat kebakaran hutan, pemerintah Yunani bekerja sama dengan otoritas lokal akan menawarkan satu minggu liburan gratis di Rhodes, musim semi berikutnya, musim gugur berikutnya, sehingga kami memastikan mereka kembali ke pulau dan nikmati keindahan alamnya,” kata Mitsotakis.

Mitsotakis mengatakan bahwa kebakaran hutan di Mediterania tidak biasa tetapi perubahan iklim telah meningkatkan intensitasnya. Dalam beberapa pekan terakhir, Eropa mengalami gelombang panas terpanjang yang tidak bisa. Suhu mencapai 46 derajat Celcius (114 derajat Fahrenheit) di beberapa tempat, sementara angin kencang menyapu api dengan cepat ke seluruh pulau.

Iklan

Pihak berwenang Yunani juga mengatakan pada Rabu bahwa 45 bangunan telah rusak di pulau itu, menurut penilaian awal dampak kebakaran Rhodes.

“Kami memahami bahwa hal ini menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengunjung, tetapi dengan senang hati saya laporkan bahwa Rhodes hari ini lebih ramah dari sebelumnya,” katanya.

Kebakaran di Rhodes itu menewaskan sedikitnya lima orang dan menghanguskan hampir 50.000 hektar (123.500 hektar) hutan dan vegetasi, menurut perkiraan Observatorium Athena.

HINDUSTAN TIMES | REUTERS| DAILY MAIL

Pilihan Editor: Turis Asing Terdampar di Yunani hingga Tidur di Lantai Bandara



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *