Usai IPO, Anak Usaha Erajaya ERAL Kantongi Laba Rp164 Miliar

Pencatatan saham perdana ERAL di BEI. (dok BEI)

PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) mengumumkan laporan keuangan untuk periode sembilan bulan pertama tahun 2023 dengan pencapaian positif. Entitas anak usaha Erajaya Group (ERAA) yang fokus di kegiatan marketing, distribusi dan jaringan ritel produk active lifestyle mencatatkan peningkatan penjualan bersih sebesar 26,6%.

Direktur Utama PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) Djohan Sutanto mengatakan pihaknya memaksimalkan momentum pada sembilan bulan pertama 2023 seperti tahun ajaran baru sekolah dan semakin maraknya event gaya hidup seiring transisi endemi. Semua itu berkontribusi positif terhadap kinerja perseroan. 

Dalam periode ini, ERAL mencatatkan pendapatan sebesar Rp2,7 triliun atau naik 26,6% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Begitu pula dengan laba bersih perseroan yang meningkat menjadi Rp164,3 miliar dari Rp160,3 miliar pada periode yang sama di tahun sebelumnya. 

“Pertumbuhan kinerja yang solid turut didukung dengan ekspansi jaringan ritel melalui pembukaan 37 gerai baru di sepanjang tahun ini. Tentu saja ekspansi ini sejalan dengan strategi kami untuk memperluas presence kami di pasar domestik,” katanya dalam keterangan resmi (2/11/2023).

Hingga akhir September 2023, jaringan ritel ERAL sudah mencapai 100 gerai yang terdiri dari 58 toko multi-brand store dan 42 mono-brand store, termasuk penambahan gerai dari sektor sports fashion JD Sports dan ASICS. Di samping itu, perusahaan bekerja sama dengan tiga platform marketplace untuk menghadirkan official store di sana.

Saat ini, ERAL juga mengembangkan private label IT (Immersive Tech) untuk produk aksesoris, smart home, produk IoT dan ekosistemnya. Pada tanggal 29 Agustus 2023, perseroan membuka gerai pertama dari IT (Immersive Tech) yang menjual berbagai produk seperti aksesoris, smart home, dan produk pendukung device lainnya di Surabaya. 

Djohan optimistis permintaan akan produk–produk active lifestyle memiliki prospek baik di pasar domestik. Optimisme ini karena melihat semakin tingginya kesadaran untuk mengimplementasikan gaya hidup aktif terutama di kalangan generasi muda Indonesia. Tumbuhnya aktivitas yang melibatkan komunitas terutama yang berfokus pada gaya hidup dimanfaatkan oleh ERAL sebagai kesempatan untuk membangun komunikasi dengan pengguna produk.

”Keberadaan komunitas sangat penting bagi kami karena bisa mendapatkan masukan konsumen secara langsung dan memungkinkan kami lebih memahami kebutuhan mereka. Untuk itu, kami selalu berupaya membangun kedekatan dan tumbuh bersama komunitas,” kata Djohan.

 Ke depan, perseroan akan terus mengembangkan bisnis active lifestyle yang dimiliki melalui ekspansi jaringan ritel, memperkaya portofolio brand active lifestyle dan memaksimalkan kapabilitas omni-channel yang dimiliki oleh Erajaya Group untuk mendukung pertumbuhan bisnis perseroan. “Dengan memanfaatkan potensi besar dari sektor ritel gaya hidup, kami optimistis untuk dapat berkontribusi positif,” ujarnya.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *