Sertifikat Green Building EDGE Advanced Kedua Untuk Auto2000

Auto2000 BSD City menjadi gedung cabang kedua yang memperoleh penghargaan Sertifikat Green Building EDGE Advanced dari Green Building Council Indonesia.  Riki Rusdiono, Senior Area Business Manager Auto2000 mengatakan, penghargaan tersebut telah memenuhi kriteria dalam hal efisiensi energi, air, dan bahan konstruksi. “Green pada Green Building bukan hanya sebatas warna, penghijauan atau tanaman. Green adalah kualitas atau spesifikasi yang terpasang di sebuah bangunan yang telah memberikan dampak positif terhadap lingkungan,” tuturnya.

Sebelumnya,  pada  Juni 2023 lalu, Auto2000 Wahid Hasyim Jakarta menjadi bangunan dealer otomotif pertama di Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari EDGE tersebut. EDGE adalah singkatan dari Excellence in Design for Greater Efficiencies dari International Finance Corporation, bagian dari World Bank Group.

Green Building Council Indonesia adalah lembaga independen yang menerapkan kegiatan dan mengembangkan prinsip-prinsip ‘green’ ke dalam rancangan, pembangunan, serta pengoperasian bangunan dan lingkungan sekitar. Sehingga, sebuah bangunan atau gedung dapat lebih ramah lingkungan, hemat energi, serta mengurangi dampak pencemaran akibat aktivitas bisnisnya.

Program EDGE bertujuan untuk mendorong pembangunan eco friendly building yang lebih berkelanjutan dan hemat energi di seluruh dunia. Proses sertifikasi melibatkan evaluasi terhadap desain bangunan yang mencakup faktor-faktor seperti isolasi termal, sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning), pencahayaan alami, manajemen air, dan lain-lain.

Berdasarkan sertifikat tersebut, gedung Auto2000 BSD City telah memenuhi kriteria efisiensi sumber daya pada bangunan berupa air, energi dan mineral pada level 2, yaitu Edge Advanced dengan tingkat energy saving mencapai lebih dari 40%.

Perinciannya adalah, 48% untuk energy saving yang dinilai dari efisiensi konstruksi bangunan, seperti efisiensi sistem pendingin dan lampu gedung, 38% water saving yang dinilai dari efisiensi penggunaan air di toilet, dapur, dan pencucian kendaraan, dan 65% material bangunan berasal dari efisiensi dalam penggunaan material bangungan sesuai baseline EDGE.

 Sejak proses rancang bangun, bentuk gedung cabang Auto2000 BSD City didesain untuk memiliki banyak overhang dan kaca menggunakan Sunergy Glass untuk mengurangi panas yang masuk ke dalam bangunan sehingga suasana di dalam gedung selalu sejuk dan mengurangi penggunaan pendingin ruangan.

Peralatan sanitary yang hemat energi digunakan dalam mengelola konsumsi air untuk kebutuhan sehari-hari di dalam showroom dan workshop Auto2000 BSD City. Keran air yang dipasang telah sesuai standard Green Building yakni 6 liter/menit, di mana toilet customer memakai keran sensor, keran tap di toilet karyawan. Keran wudhu, toilet eco flush, dan urinal dengan flush volume juga sudah sesuai standard Green Building dengan kapasitas maksimal 6 liter/menit.

Untuk mencapai energy saving diatas, Auto2000 BSD City menggunakan solar panel sebagai energi baru terbarukan, lighting fixture menggunakan lampu LED dan dilakukan electrical management dengan mengatur temperatur AC dan memakai timer lampu Fascia. Ada pula campaign dalam bentuk label untuk mengingatkan penghematan penggunaan energi.

Auto2000 juga telah melakukan pemasangan solar panel di 45 cabang nasional. Dengan demikian, Auto2000 memastikan bahwa pelanggan yang melakukan charging EV di BSD City atau cabang lainnya mampu mendapat energi bersih yang bersumber dari solar panel tersebut.  “Tentunya ini menjadi salah satu bukti keseriusan kami dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam Sustainable Development Goals juga sejalan dengan tujuan Astra 2030 Sustainability Aspiration.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *