Return I-Money Melampaui Indeks Reksa Dana Pasar Uang

(kiri-kanan) Camar Remoa, Chief Investment Officer Insight IM dan Ria Meristika Wargana, Direktur Insight IM. (Foto : Dok).

PT Insight Investments Management (Insight IM) mengelola dana kelolaan produk reksa dana I-Money yang ditempatkan 100% di instrumen pasar uang dalam negeri, efek bersifat utang yang diterbitkan pemerintah Indonesia atau obligasi korporasi dengan jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun. “Dengan durasi portofolio yang pendek, I-Money memiliki imbal hasil yang relatif lebih stabil dan cenderung kurang sensitif terhadap risiko perubahan suku bunga. Sehingga, secara historis mampu memberikan imbal hasil yang relatif stabil dan kompetitif dibanding instrumen pasar uang lainnya,” ujar Camar Remoa, Chief Investment Officer Insight IM di Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Reksa Dana I-Money berfungsi sebagai diversifikasi investasi yang memberikan tingkat likuiditas tinggi karena fleksibilitas investor untuk membeli atau menjual asetnya sehingga cocok digunakan sebagai alokasi dana darurat. Dengan berinvestasi di I-Money, Investor dapat berkontribusi dalam beragam kegiatan corporate social responsibility (CSR) bertema kemanusiaan, kegamaan, pendidikan, budaya, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Insight IM diapresiasi di ajang Investment Manager Award 2023 yang diadakan oleh Investortrust dan lembaga riset, PT Infovesta Utama pada 21 September 2023. ini merupakan apresiasi terhadap Manajer Investasi yang memiliki produk-produk yang memiliki produk-produk unggulan yang terbaik di kelasnya.

Insight IM mendapatkan penghargaan Best Investment Manager Awards 2023 kategori Pasar Uang periode 1 & 3 tahun, dengan salah satu produk reksa dana unggulannya adalah Insight Money (I-Money). Pertumbuhan return (imbal hasil) I-Money sejak diluncurkan pada 26 Agustus 2015 tercatat sebesar 64,52%, jauh mengungguli indeks acuannya yaitu Infovesta Money Market Fund yang mencapai 39,63%.

Kinerja Historikal Reksa Dana Insight Money (I-Money) Sejak diluncurkan

Sumber : Insight IM.

Camar mengapresiasi penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan terhadap Insight IM sebagai manajer investasi (MI) yang berhasil mengelola produk-produk reksa dana yang mampu tumbuh cemerlang di tengah volatilitas pasar. ”Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan kualitas dan inovasi dalam produk Reksa Dana kami, serta menghadirkan yang terbaik bagi para Investor di masa yang akan datang,” ungkap Camar.

Direktur Infovesta Utama, Parto Kawiro, menjabarkan sebanyak 31 MI yang terpilih dipastikan telah melalui serangkaian proses seleksi juri yang amat ketat dengan berbagai kriteria yang ditetapkan. Beberapa kriteria yang ditetapkan adalah produk reksa dana yang dikelola MI harus berusia minimal 2 tahun, dengan dana kelolaan minimal Rp 10 miliar atau US$1 juta untuk Reksa Dana Pendapatan Tetap denominasi dolar AS, per 30 Juni 2023. Serta MI atau produk reksa dana yang dikelolanya tidak sedang atau pernah mengalami masalah reputasi berdasarkan keputusan resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam 3 tahun terakhir. 

Dalam menentukan peringkat MI Terbaik dalam penjurian, tim juri menggunaan 4 indikator: total return (kinerja selama periode tertentu dengan metode annualized return), risk adjusted return (mengukur optimalisasi berdasarkan return dan risiko), volatility risk (volatilitas kinerja produk saat mengalami koreksi), dan up growth (pertumbuhan nilai unit penyertaan).



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *