PT INTI Siapkan Strategi Hadapi Tahun 2024

PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau INTI menutup tahun 2023 dengan mencatatkan overachiement terhadap Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Tahun 2023. Capaian tersebut tidak lepas dari program strategis transformasi total bertajuk INTI Reborn yang didukung oleh pemegang saham.

Alhamdulillah, inilah upaya kami untuk back on track yang telah terlihat. Salah satunya melalui overachieving sales onsolidasi tahun 2023 hingga 146% dari RKAP. Pencapaian ini juga dibarengi dengan year on year sales growth mencapai 63% dibanding capaian audited tahun 2022,” ungkap Senior Vice President Corporate Secretary PT INTI (Persero) Delvia Damayanti dalam siaran pers, Senin (08/01/2023)

Selain restu dari pemegang saham, program strategis perusahaan ini pun secara agresif telah membukukan sejumlah capaian dari aspek transformasi finansial, manajemen sumber daya manusia, dan bisnis. Targetnya, transformasi total dengan sokongan para pemegang keputusan itu akan memuluskan pencapaian target agresif yang telah dicanangkan dalam kurun waktu 2022-2027. Termasuk di dalamnya adalah agenda penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering atau IPO) pada tahun 2025.

Upaya strategis tersebut telah membuahkan hasil secara bertahap. Terbukti, saat menutup tahun 2023, PT INTI membukukan capaian pendapatan konsolidasi tahun 2023 hingga 108% dari RKAP 2023, berhasil menularkan peningkatan kinerja secara signifikan pada anak Perusahaan. Rinciannya, PT INTI Konten Indonesia (INTENS) sebesar 558% dari RKAP 2023 dan PT INTI Pindad Mitra Sejati (IPMS) sebesar 474% dari RKAP 2023.

“Posisi saat ini merupakan catatan kinerja keuangan sementara. Sebab, untuk finalnya, tentu setelah hasil review eksternal auditor. Hanya, kami meyakini bahwa pencapaiannya berada dalam kisaran angka tersebut,” tutur Delvia dalam keterangan resminya di Jakarta (08/01/2024).

Selain itu, perbaikan kinerja perseroan ke arah zona positif ini, lanjut Delvia, tak lepas dari upaya perbaikan berkelanjutan pada aspek Finance & Capital Restructuring yang mencakup Capital Restructuring, Debt Restructuring, dan Leveraging Asset.

Bahkan, transformasi total pun menyentuh sisi manajemen sumber daya manusia agar berjalan secara komprehensif. Khusus pada ruang lingkup Human Capital Transformation, perusahaan menjalankan strategi seperti implementasi program Build, Borrow, and Buy, Core Business Certification & Productivity Alignment, Right Sizing (Early Retirement Program (ERP) Tahap 1, Temporary Paid Leave Program, dan Employee Selections Program), 360 Degree Feedback, Workforce Strategies, Employee Wellness Program, dan Virtual Organization yang secara khusus dibentuk untuk memperkuat perihal planning, marketing, partnership, funding, dan project management portofolio bisnis perusahaan.

Sepanjang tahun 2023, PT INTI (Persero) tercatat telah mendapatkan sejumlah penghargaan dari berbagai pihak eksternal sebagai bentuk apresiasi atas strategi, kinerja, dan performansi yang diperoleh pada periode tersebut.

Kinerja perseroan yang menutup tahun 2023 dengan overachievement dari RKAP ini rencananya akan diperkuat dengan struktur kerangka kerja yang lebih lincah. Target utamanya perolehan pendapatan sebesar Rp3 triliun pada tahun 2024.

“Target tersebut telah dikonsepkan melalui penyusunan corporate strategy, termasuk di antaranya membangun fondasi fundamental proses bisnis, past burden settlement, dan menetapkan future expectation yang akan jadi tujuan besar perusahaan,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *