Jelang Peringatan HUT RI ke-78, Istana Merdeka Gelar Gladi Kotor

TEMPO.CO, Jakarta – Istana Kepresidenan Jakarta menggelar gladi kotor Upacara Detik-Detik Proklamasi peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT RI ke-78, Minggu, 13 Agustus 2023. Gladi kotor itu diikuti oleh seluruh peserta upacara mulai dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), pasukan TNI dan Polri, hingga paduan suara dari Gita Bahana Nusantara.

Gladi kotor dimulai sekitar pukul 10.00 WIB di lapangan Istana Merdeka. Dalam gladi tersebut terlihat penampilan parade marching band dari anggota TNI dan Polri serta iring-iringan pasukan berkuda yang nantinya akan mendampingi Paskibraka membawa bendera pusaka. 

Selain itu, di udara juga sempat melintas pesawat tempur jenis F-16 dari TNI AU. Seperti tahun sebelumya, pesawat-pesawat itu akan melintasi ruang udara Istana Kepresidenan membentuk formasi angka yang mewakili usia kemerdekaan Indonesia. 

Gladi dimulai dengan kirab pasukan pembawa bendera pusaka memasuki lapangan upacara di halaman utama Istana Merdeka. Kemudian dilanjutkan dengan pengormatan umum kepada inspektur upacara yang nantinya akan dijabat oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Iklan

Usai pengormatan, Paskibraka melanjutkan baris-berbaris membawa bendera menuju tiang untuk dikibarkan. Usai pengibaran bendera, melintas formasi pesawat dan helikopter di atas langit Istana Merdeka.

Pilihan Editor: Memeriahkan Perayaan Kemerdekaan, Berikut 61 Link Twibbon HUT RI ke-78



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *