Inggris dan AS Salah Kirim Jutaan Email Rahasia ke Mali, Sekutu Rusia

TEMPO.CO, Jakarta –  Kementerian Pertahanan Inggris meluncurkan investigasi internal setelah serangkaian email berisi informasi rahasia terkirim ke Mali, yang merupakan sekutu dekat Rusia.

Surat-surat elektronik itu sebenarnya ditujukan kepada militer Amerika Serikat, yang menggunakan nama domain “mil”.

Namun, huruf “i” itu tidak terketik oleh para petugas dan akhirnya pesan-pesan tersebut terkirim ke domain “ml” alias Mali –salah satu negara di kawasan Afrika Barat.

Media massa Inggris melaporkan bahwa surat-surat elektronik itu tidak berisi informasi yang bisa membahayakan operasi keamanan Inggris Raya.

Mali adalah sekutu kuat Moskow. Para tentara bayaran Grup Wagner bergabung dengan Mali memerangi kelompok-kelompok pemberontak di negara itu. Namun tidak diketahui apakah surat-surat penting itu jatuh ke tangan Rusia.

Insiden salah kirim surel itu baru terungkap dua pekan setelah beberapa pejabat AS membenarkan laporan bahwa selama bertahun-tahun jutaan surel sensitif militer AS ternyata terkirim ke Mali. Penyebabnya sama: salah ketik.

Kebocoran yang tidak disengaja itu telah menyebabkan informasi sangat sensitif, termasuk dokumen-dokumen diplomatik, laporan pajak, kata sandi, serta perincian perjalanan para pejabat tinggi.

Iklan

Kesalahan pengiriman surel itu juga terus terjadi kendati sudah ada serangkaian peringatan selama satu dasawarsa.

Kejadian salah kirim surel pertama kali dilaporkan oleh pengusaha internet Belanda, Johannes Zuurbier, yang mengelola domain negara Mali.

Zuurbier pernah mengungkapkan kepada surat kabar Financial Times bahwa sejak Januari tahun ini saja ia telah mengumpulkan hampir 117.000 surel yang salah kirim dari Departemen Pertahanan AS. Jumlah itu, ujarnya, lebih banyak muncul pada tahun-tahun sebelumnya.

ANTARA | ANADOLU 

Pilihan Editor Topan Doksuri Mengamuk di Cina, 39 Tewas dan 400 Ribu Orang Mengungsi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *