Acara Istana Berkebaya Dihadiri Wakil Kelurahan Seluruh Jakarta, Lalu Lintas di Depan Istana Merdeka Macet

TEMPO.CO, Jakarta – Kemacetan lalu lintas terjadi di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat karena acara Istana Berkebaya di Istana Merdeka. Kegiatan ini adalah rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT RI ke-78.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Komarudin menuturkan, semua jalanan di sekitar Istana Negara tidak ditutup. “Semuanya kita buka, jadi di depan halaman Istana ada kegiatan, namun arus lalu lintas tetap berjalan normal,” ujar Komarudin saat ditemui di Monas, Minggu, 6 Agustus 2023.

Berdasarkan pantauan Tempo, kemacetan terjadi karena para undangan acara Istana Berkebaya yang hendak masuk ke dalam kompleks Istana Negara. Mereka menyeberang dari sisi Silang Monas Barat Laut ke halaman Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara.

Para undangan sebagian besar adalah perempuan yang mengenakan baju kebaya khas Betawi dan membawa bendera plastik. Massa ini campuran dari berbagai perwakilan kelurahan di Jakarta.

Perempuan berkebaya khas Betawi ini mayoritas mengenakan hijab dengan berbagai warna. Setiap warna kebaya dan hijab mereka mewakili masing-masing kelurahan.

Sejumlah peserta memakai kebaya saat mengikuti senam bersama pada kegiatan Bugar Berkebaya di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Ahad, 23 Juli 2023. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka memperingati hari jadi Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Tangerang Raya yang pertama. ANTARA/Muhammad Iqbal

Iklan

Saat menyeberang dari Monas ke Istana Negara, mereka dipandu oleh personel dari Dinas Perhubungan, Polisi Militer, dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Kemudian ada beberapa personel polisi lalu lintas yang mengatur kendaraan yang melintas.

Pintu masuk ke Istana dibuka sejak pukul 12.00 WIB. Pada pukul 15.00 WIB, para peserta Istana Berkebaya yang masih di luar sudah tidak boleh dipersilakan masuk.

Kegiatan Istana Berkebaya ini memancing banyak orang menonton dari trotoar Monas. “Yang penting tentunya jangan sampai menyentuh badan jalan,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Komarudin.

Para peserta kegiatan Istana Berkebaya yang terlambat hanya menonton melalui videotron yang dipasang di halaman Istana Negara. Dari sisi pengamanan, terlihat anggota Paspampres wara-wiri dengan mata penuh kesiagaan.

Pilihan Editor: Acara Istana Berkebaya Besok, Pemprov DKI Siapkan 46 Kantong Parkir



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *