5 Manfaat Rutin Lakukan Meditasi

TEMPO.CO, JakartaMeditasi telah terbukti menawarkan banyak manfaat, baik kesehatan mental maupun fisik. Latihan ini mengajarkan seseorang untuk fokus dan mengarahkan perhatian. 

Meditasi dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran akan diri sendiri dan lingkungan. Banyak orang menggunakannya untuk mengurangi stres dan mengembangkan konsentrasi. 

Manfaat Meditasi 

1. Mengurangi stres 

Mengutip Healthline, meditasi membantu menekan hormon stres koristol, hormon yang menghasilkan banyak efek berbahaya dari stres. Seperti pelepasan bahan kimia peradangan (sitokin) yang menyebabkan gangguan tidur, depresi, kecemasan, tekanan darah, dan kelelahan. 

Menurut penelitian, meditasi dapat juga membantu sindrom iritasi usus besar, gangguan stres pasca trauma, dan fibromyalgia. 

2. Mengontrol Kecemasan 

Sebuah meta-analisis yang melibatkan hampir 1.300 orang dewasa menemukan bahwa meditasi dapat mengurangi kecemasan. Khususnya pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi. 

Studi menemukan, meditasi mampu menukar gejala kecemasan umum dengan perasaan yang lebih positif. Di antaranya peningkatan rasa percaya diri dan reaktivitas stres dan koping. 

Meditasi turut membantu mengendalikan kecemasan terkait pekerjaan. Antara lain meningkatkan perasaan kesejahteraan, menurunkan tekanan dan ketegangan kerja. 

Iklan

3. Mengurangi Kehilangan Memori Terkait Usia 

Studi menemukan, berbagai gaya meditasi dapat meningkatkan perhatian, ingatan, dan kecepatan mental lansia. Serta meningkatkan daya ingat pada pasien demensia, mengendalikan stres dan meningkatkan manajemen koping. 

4. Mengelola Penyakit 

Dirujuk dari Mayoclinic, meditasi mungkin bermanfaat bagi mereka yang memiliki kondisi medis tertentu. Termasuk asma, kanker, sakit kronis, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, sindrom iritasi usus, gangguan tidur dan sakit kepala tegang. 

Perlu diingat bahwasannya meditasi bukanlah pengganti perawatan medis. Melainkan perawatan tambahan yang berguna untuk mendukung perawatan medis yang sedang dijalani. 

5. Meningkatkan Fokus 

Beberapa jenis meditasi dapat membangun kemampuan untuk mengarahkan dan mempertahankan perhatian. Menurut studi, mereka yang rutin meditasi memiliki rentang perhatian yang lebih besar dibandingkan orang yang tidak meditasi. 

MAYOCLINIC | HEALTHLINE
Pilihan editor: 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *